Langsung ke konten utama

UKM KMK UNINDRA SUKSES GELAR ACARA RETRET 2024

 

KMK Unindra Sukses Gelar Retret: Bertumbuh Berbuah Berdampak

Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK) Universitas Indraprasta PGRI (Unindra) kembali mengadakan retret tahunan pada tanggal 16-18 Februari 2024 di Wisma Bu Kris Puncak, Bogor. Kegiatan ini diikuti oleh 40 peserta dari berbagai angkatan dan program studi.

Mengangkat tema "Bertumbuh Berbuah Berdampak", retret kali ini bertujuan untuk mempererat tali kasih persaudaraan dan menjalin kebersamaan antar umat katolik dalam nama Tuhan Yesus Kristus dan untuk mempersiapkan peserta menjadi pribadi yang siap bertumbuh berbuah dan berdampak bagi dirinya sendiri, keluarga, masyarakat dan orang lain. Dengan menghadirkan RM. Robertus Bambang Rudiyanto, SJ dan Elenora Pire Koten peserta diajak untuk mengenal KMK Universitas Indraprasta PGRI dan menemukan tujuan hidup serta apa yang mereka perjuangkan melalui materi yang dibawakan.

Retret berlangsung selama 3 hari dengan berbagai kegiatan yang menarik dan penuh makna. Diawali dengan panitia dan seluruh peserta berkumpul Di Bawah Pohon Rindang (DPR) Kampus B Unindra, Gedong untuk melakukan registrasi terlebih dahulu, kemudian berbaris untuk mendengarkan arahan dan kata sambutan dari Saudara Gregorius Kendy Swarna selaku delegasi DPM. Adapun pesan-pesan yang disampaikan dalam sambutan tersebut adalah agar peserta dapat tiba di lokasi kegiatan dengan selamat dan berproses selama 3 hari 2 malam dengan baik. Setelah kata sambutan, panitia kemudian mengarahkan peserta memasuki trontron untuk ke lokasi kegiatan.

 

 Hari Pertama Kegiatan Retret KMK Universitas Indraprasta PGRI

Di hari pertama kegiatan retret setibanya di lokasi kegiatan, seluruh peserta langsung disambut dengan hangat oleh ketua pelaksana kegiatan Retret yaitu saudari Angel dan ketua umum UKM KMK Unindra yaitu saudari Antonette Cleonisse.

Sebelum memulai dengan sesi materi, peserta diajak untuk berkenalan dengan sesama peserta dan juga panitia. Sesi perkenalan ini dibawakan dalam bentuk ice breaking dan nyanyian sehingga suasana menjadi lebih cair. Kemudian, peserta diajak untuk menyepakati peraturan yang sudah dibuat. Semua peserta sepakat untuk tidak melanggar aturan yang ada demi kelancaran kegiatan selama 3 hari kedepan. Setelah itu acara dilanjutkan dengan sesi materi yang dibawakan oleh saudari Elenora Pire Koten. Adapun selingan berupa ice breaking  yang dibawakan oleh MC  di sela-sela sesi untuk membuat peserta tetap semangat. Sesi pada hari pertama ini ditutup oleh ibadat completorium yang dibawakan oleh saudari Fannya dan Donatia. 

Hari Kedua Kegiatan Retret KMK Universitas Indraprasta PGRI













    Suasana pada hari kedua ini masih dalam keadaan hening namun hangat dan keceriaan. Kegiatan diawali dengan meditasi pagi yang dibawakan oleh RM. Robertus Bambang Rudiyanto, SJ. Peserta diajak untuk meditasi dipinggir kolam renang sambil merasakan suara air dan udara sekitar. Setelah itu dilanjutkan dengan senam pagi yang dipimpin oleh Katrin dan Amata. 

Setelah senam pada hari kedua ini terdapat 2 sesi yang masih dibawakan oleh RM. Robertus Bambang Rudiyanto, SJ, salah satunya adalah sesi ‘Apakah Hidupku Punya Arti bagi Orang Lain’. Pada sesi ini peserta dibagi menjadi beberapa kelompok dan kemudian diberi tugas untuk membuat narasi jalan salib yang kemudian akan dibacakan pada waktu sesi jalan salib setelah kegiatan outbound.

Setelah pembentukan kelompok dan pengarahan outbound, kegiatan pun dilanjutkan dengan game outbond  yang terdiri dari 5 pos permainan dan 2 pos kebersamaan. Dimana setiap pos memiliki aturan main yang berbeda serta makna yang berbeda pula. Inti dari permainan ini adalah untuk mengasah kekompakan dan kerjasama tim. Selain itu juga untuk mengajak peserta lebih akrab, membangun komunikasi dan tidak lagi merasa canggung terhadap satu sama lain. 

Kegiatan pada malam harinya pun diawali dengan jalan salib dan dilanjut misa kemudian setelah misa peserta diajak keluar villa dan dikumpulkan membentuk lingkaran memutari api unggun yang dipimpin RM. Robertus Bambang Rudiyanto, SJ dan dilanjut dengan acara malam dengan Reinard dan Januar dengan diiringi lagu-lagu dan game sambung cerita dan ditutup dengan doa malam untuk istirahat.

Hari Ketiga Kegiatan Retret KMK Universitas Indraprasta PGRI

Suasana pada hari ketiga sekaligus hari terakhir ini lebih ceria, karena peserta sudah mulai saling mengenal dan akrab. Kegiatan diawali dengan senam. Setelah itu peserta dipersiapkan untuk penampilan seni yang sudah dipersiapkan kemudian peserta langsung diarahkan untuk duduk berkelompok dan mengambil undi penampilan yang akan dipentaskan. Semua kelompok sangat antusias untuk memberikan penampilan terbaik mereka. Ada yang menampilkan konser, puisi berantai, paduan suara, dance dan boy & girl band. Acara pensi ini dibawakan oleh MC dengan sangat meriah dan menuai banyak tepuk tangan. Selepas pensi, acara dilanjutkan dengan penyerahan angket dari panitia kepada peserta maupun sebaliknya. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian kesan dan pesan oleh peserta.

Setelah menyampaikan kesan dan pesan, peserta dan panitia kemudian bersiap-siap untuk kembali Ke Jakarta. Segenap panitia Retret 2024 mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh peserta  yang telah mengikuti kegiatan Retret 2024. Suasana retret begitu hangat dan penuh kekeluargaan. Para peserta akhirnya bisa saling mengenal satu sama lain dan membangun ikatan persaudaraan yang erat. Hal ini terlihat dari rangkaian kegiatan selama 3 hari 2 malam.

Retret memberikan dampak positif bagi para peserta. Mereka mendapatkan pengalaman baru dan bekal yang mereka bisa bawa pulang.

Salah satu peserta, mengungkapkan bahwa retret ini membantunya untuk semangat kembali dan merasa dirinya tidak sendiri lagi dikarenakan memiliki banyak teman sekaligus keluarga baru, dan tak kalah penting adalah materi serta ilmu dan pengalaman yang dibagikan selama kegiatan sangat menyentuh baginya. 

Ketua KMK Unindra, Antonette Cleonisse, mengatakan bahwa retret ini merupakan salah satu program kerja unggulan KMK Unindra.

"Kami ingin memberikan wadah bagi para mahasiswa Katolik Unindra untuk memperdalam iman mereka dan membangun persaudaraan yang kuat," ujar Antonette Cleonisse.

Retret KMK Unindra tahun ini mendapatkan banyak apresiasi dari para peserta dan pihak-pihak terkait.

Dengan suksesnya retret ini, segenap panitia Retret 2024 mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh peserta yang telah mengikuti kegiatan Retret 2024. Semoga KMK Unindra berharap dapat terus menjadi wadah bagi para mahasiswa Katolik untuk bertumbuh dalam iman dan menjadi pribadi yang lebih baik dan kasih Tuhan selalu menaungi kebersamaan kita. Sampai jumpa di kegiatan selanjutnya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

KUMPULAN LAGU MISA

        Tuhan Membuat Indah Rm. Markus Yumartana Ref. Tuhan membuat indah          pada waktunya;         Tuhan membuat indah          pada waktunya. (2x) Ada waktu untuk lahir, ada waktu untuk mati; Ada waktu’ tuk menabur, ada waktu ‘tuk menuai. Tuk segalanya ada waktunya, Tuk semuanya ada waktunya. Ref. Ada waktu ‘tuk tertawa, ada waktu ‘tuk menangis, Ada waktu ‘tuk bekerja, ada waktu ‘tuk berlibur. Tuk segalanya ada waktunya. Tuk semuanya ada waktunya. Ref. ======================================================================== Kasungu Ma (Repetitif; Lagu Dayak Manyan) Kasungu ma, Tuhan Atala Ari’ pamelum takam, takam, takam. (Kerinduanku pada Tuhan, Dia penopang hidup selamanya) =======================================================================   Hari-hari Kita Ref. Hari-hari kita sperti rumput         Ilalang,                       Bergerak  kemana  angin meniup.                       Hari-hari kita sperti bunga di                    

Integritas: Satunya Kata dan Perbuatan

Semuanya berawal disini ! Ada rasa ingin berkumpul dan bertemu dalam ikatan kasih bersama  Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK) . Kami melangkah dilorong-lorong yang gelap diantara mayoritas iman yang ada. Kini, KMK Universitas Indraprasta PGRI hadir tidak hanya menjadi lilin yang menerangi jalan, namun juga menuntun kami berjalan mencapai cahaya keimanan.  Pada 24 - 26 Agustus 2016, kami bersama memulai merangkul para sahabat seiman di lingkungan kampus melalui kegiatan Festival ORMAWA. Dan dari hasil pencarian itu, tercatat 51 Orang Mahasiswa Katolik terdata. Nampak jelas perasaan bahagia mereka saat kami menggoreskan nama-nama mereka kedalam daftar penerimaan mahasiswa baru untuk bergabung di mata kuliah agama Katolik. Cahaya wajah mereka juga terlihat memiliki kerinduan dan keinginan untuk berkumpul dan bertemu dengan saudara seiman dimana Keluarga Mahasiswa Katolik sendiri hadir sebagai wadah untuk menampung minat dan bakat mereka kedepan. Hal ini sesuai

TATA GERAK LITURGI dalam Perayaan Ekaristi

Tanda Salib Tanda salib memiliki tiga makna, yaitu : Pertobatan atas dosa-dosa manusia Perlindungan dari Yang Jahat Mengingatkan kita akan janji baptis kita: menolak setan, mengakui iman dalam Kristus, dan kita dibaptis dalam misterTritunggal Kudus Dalam membuat tanda salib, kita mengucapkan “Dalam nama Bapa (jari menyentuh dahi), dan Putra (jarimenyentuh perut), dan Roh Kudus (jari menyentuh bahu ). Amin” Terdapat dua cara dalam membuat tanda salib. Pertama , dari atas kebawah, lalu dari kanan ke kiri. Dari atas ke bawah memiliki makna Kristus turun dari surga ke bumi, dan dari orang Yahudi (kanan) ia menyampaikannya ke orang-orang non Yahudi (kiri). Kedua , dari atas ke bawah, lalu dari kiri ke kanan.Dari kiri ke kanan berarti dari penderitaan kita menyeberang menuju kemuliaan, seperti Kristus yang menyeberang dari kematian menuju kehidupan, dan darineraka ke surga. Cara membuat tanda salib inilah yang digunakan umat katolik ritus latin. Kapan tanda